Cara Mengaktifkan Kembali Akun Instagram Yang Dinonaktifkan

Pada postingan sebelumnya sudah dibahas tentang Penyebab Akun Instagram Dinonaktifkan atau Dihapus dan pada postingan ini akan membahas bagaimana cara mengaktifkan kembali akun yang sudah dinonaktifkan tersebut.


 

Perlu diingat, Instagram menonaktifkan sebuah akun karena melakukan pelanggaran yang telah ditetapkan oleh pihak Instagram itu sendiri, tetapi tak hanya melanggar peraturan tersebut, akun yang dinonaktfikan bisa saja karena kesalahan sistem Instagram itu sendiri, biasanya kesalahan itu mendeteksi bahwa akun tersebut melanggar aturan, tetapi kenyataannya akun tersebut tidak melanggar aturan, dan kasusnya tidak sedikit, tapi tidak perlu khawatir, biasanya jika akun yang dinonaktifkan oleh sistem Instagram itu sendiri karena kasalahan sistem, biasanya untuk mengaktifkannya kembali itu sanggat mudah dan tidak perlu menunggu waktu yang cukup lama.

Untuk mendapatkan akun yang telah di nonaktifkan hanya memerlukan beberapa data-data personal dan data akun tersebut, berikut ini adalah data-data yang wajib diberikan kepada pihak Instagram untuk mengaktifkan kembali akun Instagram

  1. Nama lengkap pemilik akun
  2. Email aktif yang dipakai pada akun Instagram tersebut
  3. Angka yang diberikan oleh pihak Instagram didalam email

Kenapa harus menggunakan email yang dipakai di akun Instagram yang dinonaktifkan tersebut? Karena pihak Instagram akan melakukan verifikasi kepemilikan akun dengan cara mengirimkan email kepada pemilik akun tersebut untuk mengidentifikasi bahwa benar-benar pemilik akun tersebut

Berikut ini adalah cara mengajukan banding terhadap akun yang dinonaktifkan

Tahap 1 : Login pada akun Instagram yang dinonaktifkan

Gambar 1 | Notifikasi Akun Yang Dinonaktifkan

Jika sudah login pada akun yang dinonaktifkan maka akan mendapatkan notifikasi yang seperti di gambar 1 diatas, lalu klik "Selengkapnya"

Tahap 2 : Diarahkan kedalam halaman artikel seputaran akun yang dinonaktifkan

Gambar 2 | Artikel Tentang Akun Yang Dinonaktifkan

Pada artikel tersebut silahkan dibaca mengenai penonaktifkan akun (jika ingin lebih faham dan mengerti). Setelah itu klik dibagian "hubungi kami." lihat di gambar 2 yang ditandai kursor warna merah

Atau klik disini untuk menuju formulir banding terkait akun yang dinonaktifkan

Tahap 3 : Pengisian formulir banding

Gambar 3 | Form Permohonan

Setelah menekan tombol "hubungi kami." pada tahap 2, maka akan diteruskan pada formulir yang berisikan data-data akun instagram kamu yang akan dibanding masalah penonaktifannya.

Pada formulir ini pengguna harus mengisikan data-data yang dimitai oleh pihak Instagram

  1. "Apakah akun ini digunakan untuk mewakili bisnis, produk, atau layanan saya?" : Jika akun bisnis/jualan pilih Ya, jika akun pribadi pilih Tidak
  2. Nama Lengkap : Isi dengan nama lengkap kamu
  3. Nama Pengguna Instagram Anda : Isikan nama pengguna akun instagram kamu, jika nama penggunanya mahirblog, maka tulislah mahirblog, bukan @mahirblog
  4. Alamat email Anda : Alamat email yang digunakan/yang terdaftar pada akun Instagram yang dinonaktfikan ttersebut
  5. Dari negara mana Anda menulis? : Pilih negara Indonesia

Tahap 4 : Membalas email dari Instagram 

Gambar 4 | Email Balasan Dari Facebook
Setelah mengirimkan data-data yang diminta pada tahap 3, selanjutnya pihak Instagram akan mengirimkan sebuah email kepada email yang kamu kirimkan pada tahap 3 tadi, pada tahap ini kamu diminta berfoto dengan kertas putih yang berisikan nama lengkap - nama pengguna Instagram - lalu kode yang diminta (diemail diatas adalah kode 93244)
 
Contoh Data Pengguna:
Nama lengkap : Dwinanda Saputri
Username Instagram : @dwinanda123456
Kode yang diminta oleh Instagram : 93244
 
Tulis data tersebut pada kertas HVS atau kertas putih yang polos, contohnya seperti Gambar 5 dibawah ini
 
Gambar 5 | Contoh Foto Untuk Verifikasi Kepemilikan Akun

Perlu diingat!
  • Foto harus terlihat bersih, wajah dan tulisan data-data yang ada di kertas harus kelihatan jelas (gunakan kamera belakang ponsel)
  • Format foto adalah .jpg

Tahap 5  : Menunggu Balasan Terkait Permohonan 

Setelah melakukan verifikasi dokumen pada tahap 4, pihak Instagram akan memverifikasi dan mencocokan dokumen yang dikirimkan, seperti kode yang diminta oleh email pada tahap ke 4 dengan foto yang dikirimkan, email yang tercantum pada akun, dan username akun

Tahap 6  : Balasan Terakhir Dari Instagram

Setelah pihak Instagram melakukan verifikasi dokumen, maka akan mendapatkan email balasan terkait perkembangan permohonan untuk mengaktifkan kembali akun Instagram

Gambar 6 | Balasan Dari Instagram Kalau Akun Instagram Berhasil di Aktifkan Kembali
Jika sudah kembali aktif pengguna harus menunggu waktu untuk akun Instagram tersebut sinkron dengan jumlah pengikut, diikuti, postingan, biasanya memerlukan waktu 1 jam dan bisa saja lama jika akun tersebut memiliki banyak pengikut.

Perlu diingat!

  • Waktu yang dibutuhkan untuk mengajukan banding untuk mengaktifkan kembali akun Instagram tidak sebentar, waktu yang dibutuhkan dari 3 hari atau lebih
  • Akun yang terlalu serius melanggar aturan maka kemungkinan akun diaktifkan kembali kecil, bisa di nonaktifkan permanen atau dihapus
  • Akun yang melanggar aturan, seperti memposting foto atau video yang memiliki unsur porno, maka akan sulit di aktifkan kembali